Berita : Tradisi Bulan Maulud di Dusun Klapasawit

 

 

Tradisi Bulan Maulud di Dusun Klapasawit

 

 MAULUD. Memasuki bulan maulud yang jatuh pada hari Minggu tanggal 17 Oktober 2020, semua orang Islam sangat antusias untuk menyambut dan merayakannya. Contohnya seperti warga masyarakat Dusun Klapasawit yang mempunyai tradisi dalam merayakan bulan maulud. Tradisi ini biasa disebut dengan mauludan.

             Gema suara sholawat terdengar merdu di semua masjid dan mushola Dusun Kalapasawit sejak  hari Sabtu malam atau malam tanggal satu bulan maulud. Guna untuk memeriahkan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kegiatan mauludan ini dilaksanakan setiap malam ba’da shalat isya selama 12 malam atau tanggal 12 Rabiul awal. Biasanya yang mengisi jamaah perempuan.

            Kegiatan mauludan dimulai dengan membaca shalawat secara bersama dan dilanjut dengan pembacaan maulid berzanji secara bergantian oleh jamaah. Lantunan maulid berzanji dilantunkan secara indah dan merdu yang diawali dengan maulid dziba’ secara bersama-sama. Selanjutnya pembacaan maulid berzanji natsro secara bergantian. Dan dibuat merinding dengan pembacaan makhalul qiyam yang membuat hati menangis mengingat Rasulullah SAW. Shalawat dan doa-doa yang ada di maulid berzanji dibacakan dengan khidmat oleh para jamaah. Dengan harap rindu pada Rasulullah SAW tersampaikan.

            Tradisi mauludan ini dilaksanakan rutin setiap tahun oleh warga masyarakat Dusun Kalapasawit, guna untuk memperingati bulan kelahiran Nabi Agung Muhammad SAW. Kegiatan yang biasa dilakukan seperti, pembacaan maulid berzanji sampai malam tanggal 12, syukuran pada malam tanggal 12, dan ditutup dengan pengajian dalam rangka memperingati hari lahirnya Nabii Muhammad SAW.

            Pada malam tanggal 12 rabiul awal, biasanya diadakan syukuran. Syukuran tersebut guna untuk mensyukuri dan merayakan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Biasanya para jamaah menyediakan satu tumpeng untuk dimakan bersama-sama setelah penutup pembacaan maulid berzanji. “supaya berkah, yaa itung-itung merayakan hari lahirnya kanjeng Nabi”, ujar Ibu Tarkimah selaku pemimpin dari Jamaah tersebut.

            Dengan diadakannya tradisi mauludan rutin setiap tahun ini masyarakat Dusun Klapasawit berharap supaya selalu didekatkan dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW. Mendapat keberkahan dan kedamaian bagi masyarakat Dusun Klapasawit.

 

Rabu, 28 Oktober 2020

Komentar