Kolom : Milenial di era Pandemi
Milenial di era Pandemi
oleh Lilis Sukma Ana
Adanya
pandemi Covid-19 menjadikan Pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(KEMENDIKBUD) mengeluarkan surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor : 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan bekerja dari
rumah. Dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut, sehingga proses
pembelajaran di semua jenjang pendidikan harus dilaksanakan secara daring. Tak
terkecuali di bangku perkuliahan, seperti Universitas Islam Negeri Walisongo
Semarang yang memberlakukan perkuliahan daring selama pandemi Covid 19.
Perkuliahan
Daring
Perkuliahan
daring adalah perkuliahan yang dilaksanakan tanpa tatap muka secara langsung atau secara online.
Mahasiswa melaksanakan proses perkuliahan secara jarak jauh dari rumah
masing-masing. Segala kegiatan kemahasiswaan pun harus dilaksanakan secara online.
Dengan adanya kegiatan yang dilakukan secara online, menuntut mahasiswa
menjadi haus akan teknologi.
Perkuliahan
daring dilaksanakan secara online, mulai dari perangkat pembelajaran,
media pembelajaran, sampai metode pembelajaran. Hal ini menuntun mahasiswa
untuk mengenal lebih jauh akan teknologi digital. Mahasiswa menjadi paham media
pembelajaran yang biasa digunakan secara online. Bukan hanya mahasiswa,
dosen pun dituntut untuk lebih menguasai akan media dan metode pembelajaran online
yang digunakan.
Sebagai
pendidik dosen harus siap dalam segala kondisi apapun. Dosen harus bisa
menjalankan perannya dengan baik. Seperti kondisi saat ini, selama perkuliahan daring
dosen harus mampu menguasai teknologi supaya dapat memberikan media
pembelajaran yang menarik. Dosen juga harus menyajikan materi dan metode dengan
unik supaya mahasiswa dengan mudah untuk menyerap dan memahaminya. Contohnya
seperti dalam pembuatan materi pembelajaran, adanya perkuliahan ini Bapak/Ibu
dosen berlomba-lomba menciptakan materi dengan lucu dan unik supaya mahasiswa
tidak mudah bosan saat mempelajarinya. Materi itu dikemas dalam bentuk video
yang terdapat suara Bapak/Ibu dosen saat menjelaskan materi tersebut. Hal ini
dapat mempermudah mahasiswa untuk memahami materi tersebut.
Adanya
perkuliahan daring juga menunut mahasiswa menjadi kreatif pula. Mahasiswa akan
lebih mengeksplor teknologi-teknologi yang dapat digunakan dalam proses
pembelajaran. Contohnya seperti dalam proses pengumpulan tugas yang berbetuk
video. Mahasiswa akan membuat dan mengeditnya dengan menarik menggunakan
aplikasi-aplikasi yang ada. Mahasiswa mengeksplor dan mempelajari
aplikasi-aplikasi baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Dari sini
mahasiswa jadi belajar memanfaatkan teknologi dengan baik.
Pemberlakuan
perkuliahan daring tidak melulu memberikan dampak yang buruk saja. Banyak hal
yang dapat kita petik dari adanya perkuliahan daring dimasa pandemi ini. Kita
dapat mempelajari ilmu baru yang sebelumnya masih kita tunda untuk dipelajari.
Banyak pengalaman baru juga yang kita dapatkan sebagai tokoh pendidikan.
Di
era digital saat ini, banyak aplikasi-aplikasi atau platform yang dapat kita
gunakan dalam kondisi pandemi seperti ini. Mereka dapat membantu kitadalam
melaksanakan kegiatan kita, seperi belajar, komunikasi, kerja dan lain
sebagainya. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk mengeluh dan menjadikan
pandemi ini sebagai penghambat bagi kita untuk maju dan melangsungkan hidup
kita. Mari kita bersemangat dan belajar untuk menerima keadaan dan menjadikan ini
semua sebagai pelajaran hidup yang dapat membangkitkan kita.
Komentar
Posting Komentar